Promosi adalah
faktor penting penentu banyak atau tidaknya pengunjung serta sukses atau
tidaknya suatu event. Karena dengan promosi yang tepat masyarakat dan target
sasaran dari event menjadi mengetahui event tersebut. Banyak alat yang dapat
digunakan untuk promosi event, dimana salah satu yang terkuat dan terefektif
adalah melalui media. Nah bagaimana menentukan media yang tepat untuk promosi
suatu event?
Budget
Banyak
media yang dapat digunakan, mulai dari yang gratis seperti sosial media sampai
yang bertarif puluhan atau ratusan juta. Nah untuk itu anda harus menentukan
terlebih dahulu budget yang akan digunakan untuk promosi. Jika anda adalah
perusahaan dengan modal besar, penggunaan media televisi sebagai media promosi
akan tepat tentunya. Sedangkan bila budget anda terbatas mungkin anda dapat
mempertimbangkan media sosial atau media cetak yang tentu lebih minim
penggunaan budgetnya. Selain itu anda harus memperhatikan budget yang anda
keluarkan untuk media promosi apakah sesuai dengan target/ segmen pasar anda
atau tidak.
Target
Tujuan
dari promosi suatu event adalah agar target sasaran mengetahui event tersebut
dan merasa terajak/ terpanggil untuk hadir. Karena itu target sasaran dari
promosi haruslah jelas. Dengan mengetahui siapa target dari promosi anda, dari
situ anda dapat berangkat menentukan media apa yang cocok untuk terget
tersebut.
Bila
event anda adalah untuk anak muda, tentu menggunakan media promosi koran berita
akan sangat salah. Gunakanlah media sosial yang setiap hari menjangkau para
anak muda.
Atau
bila event anda bertaraf nasional dengan target seluruh wilayah Indonesia,
gunakanlah media yang dapat menjangkaunya seperti televisi nasional.
Materi Promosi
Yang
perlu anda lakukan selanjutnya adalah menentukan materi atau isi dari promosi.
Akan berbentuk apakah materi promosi event anda? Dengan tahu apa materi dari
promosi event anda, akan lebih mudah menentukan media yang akan digunakan.
Bila
materi adalah sebatas text, maka media cetak baik online maupun offline adalah
pilihan yang tepat. Media sosial seperti twitter dan facebook pun cocok untuk
metari iklan yang hanya berupa text.
Bila
hanya berupa audio, otomatis radiolah yang harus anda pilih. Atau media
streaming musik yang sedang digandrungi saat ini juga masih masuk hitungan.
Podcast juga bisa diandalkan bila target anda cocok.
Bila
hanya gambar media sosial Instagram adalah pilihan utama anda selain spanduk,
poster, banner, ataupun billboard.
Bila
berupa video dan audio anda bisa menggunakan media mulai dari media sosial
seperti Youtube, media elektronik seperti televisi, sampai ke billboard
elektronik atau videotron.
Trust
Yang
terakhir adalah tingkat kepercayaan masyarakat terhadap media. Di zaman yang
penuh dengan berita hoax, anda harus menyortir media-media pilihan anda
terlebih dahulu. Apakah media tersebut sering mengeluarkan informasi hoax atau
tidak. Bila memang media yang anda pilih penuh dengan hoax, tentu akan
berpengaruh kepada promosi anda dan juga bahkan terhadap image anda atau
perusahaan anda sebagai pemasang iklan/ promosi. Media yang penuh dengan hoax
tentu juga akan banyak ditinggalkan oleh masyarakat, sehingga otomatis bila
anda menggunakannya sebagai media promosi anda, pembaca atau yang melihat
promosi anda juga akan sedikit. Dengan kata lain promosi anda akan tidak
efektif.
Bisnis sukses itu
harus efisien, efektif dan tumbuh. Setiap bisnis perlu bertumbuh dan berkembang
dan semuanya itu diperlukan berbagai cara, salah satunya dengan media promosi
yang tepat. Diantaranya adalah:
1. Iklan adalah
bentuk promosi bersifat masal dan nonpersonal. Oleh karena sirkulasinya luas
maka biaya perunit menjadi lebih murah. Tetapi karena bersifat non personal
maka iklan tidak mampu responsive. Oleh karena itu iklan tidak diharapkan
sebagai media komunikatif interaktif.
2. Penjualan
Personal adalah aktivitas penjualan yang bersifat promosional. Karena
bersifat personal, promosi ini sangat efektif membina komunikasi dua arah
dengan audiens.
3. Promosi
Penjualan adalah bentuk promosi personal maupun nonpersonal untuk
mendongkrak penjualan dalam jangka pendek. Promosi penjualan memang dirancang
dengan berbagai cara (personal maupun non personal) untuk mendorong penjualan
pada saat-saat tertentu.
4. Publisitas adalah
bentuk promosi yang lebih banyak dilakukan oleh masyarakat. Audiens sering
berpendapat bahwa informasi produk dari sumber non-produsen tentu akan lebih
fair atau jujur.
5. Identitas
Produk adalah desain produk yang bersifat khas yang mempunyai daya
tarik tersendiri. Identitas produk adalah bentuk penampilan promosi produk
secara konkrit menunjukkan kelebihan-kelebihan yang ada.
Pertimbangan penentuan
media tersebut adalah berdasarkan: (1) jenis dan karakter produk yang
dipasarkan serta perilaku audiens, dan (2) program promosi pesaing.
– Pilihan
Media Berdasarkan Produk
Produk yang mempunyai tampilan unik dan mampu membangkitkan
emosional akan lebih pas bila dipromosikan dengan iklan.
– Pilihan
Media Berdasarkan Pesaing.
Seringkali, perancang pilihan media diambil untuk menanggapi
promosi pesaing. Karena pesaing gencar memberikan hadiah kepada pelanggannya,
tentu perusahaan harus merespons dengan program yang seimbang agar supaya tidak
ditinggalkan oleh pelanggan.
Selain itu evaluasi media
cukup penting seperti evaluasi berbasis standar promosi, evaluasi berbasispola
efek pengaruh, evaluasi berbasis metodologi, pra-test evaluation, pro-test
evaluation, dan post-test evaluation.
– Evaluasi
berbasis standar Promosi.
Pada dasarnya tindak evaluasi adalah pembandingan nilai. Untuk
dasar pembandingan diperlukan standar atau ukuran keberhasilan yaitu pernyataan
tujuan atau anggaran promosi.
– Evaluasi
Berbasis Pola Efek Pengaruh.
Kampanye program promosi tidaklah begitu saja langsung saat yang
bersamaan memberikan pengaruh. Selalu ada tenggang waktu antara eksekusi
program dengan hasil kinerja program.
– Evaluasi
Berbasis Metodologi
Penentuan saat atau waktu evaluasi akan memberikan inforamsi
yang berbeda. Metode evaluasi dapat dilakukan sebelum (pra-test), pada saat
(pro-test) atau sesudah (post-test) program promosi dilaksanakan.
Nah, untuk usaha Anda sebaiknya menggunakan promosi penjualan.
Misalnya memberi hadiah bagi beberapa orang pembeli pertama, membuat sampel
produk, membuat kupon berhadiah, memberikan konsultasi pelanggan dan
sebagainya. Dan jangan lupa berikan layanan terbaik agar pembeli mau datang
lagi.
No comments:
Post a Comment