Apa itu strategi pemasaran? Pengertian strategi
pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa,
dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan
menjadi lebih tinggi.
Pengertian strategi pemasaran juga dapat diartikan
sebagai rangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai
tujuan tertentu, karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah
orang yang mengetahui hal tersebut.
Strategi Pemasaran punya peranan penting dalam
sebuah perusahaan atau bisnis karena berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi
perusahaan, baik itu harga barang maupun jasa. Ada tiga faktor penentu nilai
harga barang dan jasa, yaitu:
Produksi
Pemasaran
Konsumsi
Dalam hal ini, pemasaran menjadi bagian yang
menghubungkan antara kegiatan produksi dan konsumsi.
Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
Beberapa ahli pernah menjelaskan tentang definisi
strategi marketing, diantaranya adalah:
1. Kotler dan Amstrong
Menurut Kotler dan Amstrong (2008), pengertian
strategi pemasaran adalah logika pemasaran dimana unit bisnis berharap untuk
menciptakan nilai dan memperoleh keuntungan dari hubungannya dengan konsumen.
2. Kurtz
Menurut Kurtz (2008), pengertian strategi
pemasaran adalah keseluruhan program perusahaan dalam menentukan target pasar
dan memuaskan konsumen dengan membangun kombinasi elemen dari marketing mix;
produk, distribusi, promosi, dan harga.
3. Philip Kotler
Menurut Philip Kotler, pengertian strategi
pemasaran adalah suatu mindset pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai
tujuan pemasaran, dimana di dalamnya terdapat strategi rinci mengenai pasar
sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan budget untuk pemasaran.
4. Tjiptono
Menurut Tjiptono, pengertian strategi pemasaran
adalah alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan
mengembangkan keunggulan daya saing yang berkesinambungan melewati pasar yang
dimasuki, dan progam pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar target
tersebut.
5. Stanton
Menurut Stanton, pengertian strategi pemasaran
adalah sesuatu yang melingkupi semua sistem yang memiliki hubungan dengan
tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga hingga mempromosikan dan
menyalurkan produk (barang atau jasa) yang dapat memuaskan konsumen.
Fungsi Strategi Pemasaran
Fungsi Strategi Pemasaran
Secara garis besar ada 4 fungsi strategi
pemasaran, diantaranya:
1. Meningkatkan Motivasi untuk Melihat Masa Depan
Strategi pemasaran berupaya untuk memotivasi
manajemen perusahaan agar berpikir dan melihat masa depan dengan cara yang
berbeda. Hal ini sangat diperlukan untuk menjaga kelangsungan perusahaan di
masa mendatang.
Penting bagi perusahaan untuk mengikuti ritme
pasar, namun terkadang perusahaan juga harus memiliki gebrakan dengan sesuatu
yang baru.
2. Koordinasi Pemasaran yang Lebih Efektif
Setiap perusahaan pasti memiliki strategi
pemasarannya sendiri. Strategi pemasaran ini berfungsi untuk mengatur arah
jalannya perusahaan sehingga membentuk tim koordinasi yang lebih efektif dan
tepat sasaran.
3. Merumuskan Tujuan Perusahaan
Para pelaku usaha tentunya ingin melihat dengan
jelas apa tujuan perusahaan mereka. Dengan adanya strategi pemasaran maka
pelaku usaha akan terbantu untuk membuat detail tujuan yang akan dicapai, baik
jangka pendek maupun jangka panjang.
4. Pengawasan Kegiatan Pemasaran
Dengan adanya strategi pemasaran maka perusahaan
akan memiliki standar prestasi kerja para anggotanya. Dengan begitu, pengawasan
kegiatan para anggota akan lebih mudah dipantau untuk mendapatkan mutu dan
kualitas kerja yang efektif.
Konsep Strategi Pemasaran
Pada strategi pemasaran produk atau jasa memiliki konsep khsusu
sehingga ketika menjalankannya lebih terarah. Apa saja, berikut ulasannya:
§
Segmentasi Market
Sebagai pelaku bisnis, maka Anda harus melakukan klasifikasi
market terlebih dahulu, karena setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang
berbeda. Klasifikasi yang bersifat heterogen ini menjadi satu-satuan pasar yang
bersifat homogen.
§
Positioning Market
Agar Anda bisa semakin tepat dalam mendapatkan konsumen sesuai
dengan usaha bisnis Anda, maka sebaiknya tentukan pola yang spesifik. Pola ini
dibuat agar mendapatkan posisi kuat dalam market yakni segmen yang bisa
menguntungkan bisnis Anda. Hal ini karena tidak ada perusahaan yang bisa
menguasai keseluruhan pasar.
§
Market Entry Strategy
Strategi pemasan ini adalah strategi agar perusahaan bisa masuk
pada segmen pasar tertentu. Berikut cara yang bisa dilakukan:
§ Membeli
Perusahaan Lain
§ Internal
Development
§ Kerjasama
Dengan Perusahaan Lain
§
Marketing Mix Strategy
Marketing mix merupakan kumpulan dari banyak variable yang
digunakan perusahaan untuk dapat mempengaruhi tanggapan konsumen. Berikut
variable pada marketing mix:
§ Product
§ Price
§ Place
§ Promotion
§ Participant
§ Process
§ People
Physical Evidence
§
Timing Strategy
Strategi pemasaran produk lainnya adalah dengan pemilihan waktu
yang tepat. Anda perlu melakukan beberapa persiapan di bidang produksi dan
menentukan waktu yang tepat untuk mendistribusiakan produk ke pasar.
Trik
Strategi Pemasaran Produk / Jasa
Berikut adalah 5 strategi pemasaran produk atau jasa untuk
meningkatkan penjualan:
§
Kenali Konsumen Anda
Konsumen atau pembeli adalah raja, istilah ini benar adanya,
karena raja sangat senang dilayani dan dibuat bahagia atas apa yang ia alami
dan dapatkan. Maka dari itu, sebaiknya Anda “mengenali” target market Anda
dalam hal ini konsumen sehingga Anda tahu apa yang menjadi keinginannya. Coba
lihatlah tingkah laku mereka, kebiasaan mereka, sehingga Anda bisa tahu
bagaimanan harus melayani mereka dan menghasilkan pelayanan yang lebih nyaman
satu sama lain. Sebagai pelaku bisnis, Anda harus bisa membaca profil para
konsumen Anda dengan tepat, maka bukan tidak mungkin konsumen akan loyal
terhadap Anda.
§
Pilih Lokasi yang Strategis
Pemilihan lokasi yang tepat juga penting dalam strategi
pemasaran produk atau jasa. Misalnya, seperti toko roti Holland Bakery yang
memilih membuka toko di pinggir jalan keramaian dibandingkan didalam mall pasti
ini adalah strategi marketing mereka dalam membidik pelanggan potensialnya.
Maka, dari itu, cobalah pertimbangkan lokasi yang tepat untuk mendapatkan
konsumen atau pelanggan Anda sesuai dengan target penjualannya.
§
Gunakan Internet Marketing
Strategi pemasaran produk lainnya yang tak kalah penting adalah
internet marketing. Anda bisa menampilkan produk atau jasa melalui situs
jejeraing sosial, seperti faceboo, instagram, dll. Dengan trik ini maka Anda
bisa mengetahui apa selera konsumen dan apa yang mereka inginkan. Semakin hari
aktivitas jual beli lewat toko online semakin banyak dilakukan orang. Hal ini
juga didasari keinginan banyak orang yang lebih nyaman untuk berbelanja di
ruang private mereka dan tidak berada di keramaian market.
Internet adalah fasilitas terbaik masa kini bagi Anda yang ingin
mengembangkan strategi pemasaran. Tak hanya jejaring sosial, Anda juga bisa
memanfaatkan website, blog, dll dengan memasang foto-foto atas produk atau
bisnis Anda dengan penyajian yang menarik untuk konsumen. Dengan internet
marketing juga, Anda bisa berinteraksi dengan konsumen secara langsung tanpa
adanya batas ruang dan waktu dengan rasa nyaman.
§
Lakukan Promosi
Dalam tujuana pengenalan produk, maka Anda bisa mulai
berpartisipasi di event-event pameran yang sesuai dengan jenis usaha bisnis
Anda. Promosi ini terbukti bisa meningkatkan kepercayaan pada konsumen atas
eksistensi perusahaan Anda.
Lakukan strategi promosi ini secara rutin dengan cara-cara yang
kreatif sehingga konsumen lebih tertarik dan tidak merasa bisan. Contohnya,
setiap berpergian, Anda bisa bagian brosur, leaflet atau pamphlet. Pada
selebaran promosi tersebut berisi informasi menarik bagi konsumen atas bisnis
atau produk Anda.
Selain itu, Anda bisa membuat promosi dengan metode word of
mouth alias dari mulut ke mulut. Kekuatan promosi ini mampu menyebar dan
menjaring banyak pelanggang hingga berkali-kali lipat. Maka, siapakan diri Anda
untuk membuat konsumen lebih nyaman berbelanja pada Anda. Pastikan konsumen
puas sehingga mereka bisa memberikan citra baik pada produk atau bisnis Anda.
Dengan promosi juga konsumen akan tahu wujud Anda sesungguhnya walaupun bisnis
Anda masih kecil dan baru.
§
Jalin Hubungan dengan
Konsumen
Di era canggih seperti ini, konsumen tak hanya berhubungan antar
penjual dan pembeli namun juga pembeli dan pembeli. Konsumen bisa dengan mudah
mengungkapkan kekecewaan mereka lewat sosial media, blog atau sebuah komunitas
atas apa yang mereka alami saat berbelanja. Bukan tidak mungkin, kekecewaan ini
bisa dengan mudah tersebar ke khalayak ramai. Hal ini bisa sangat merugikan
perusahaan dan bisnis Anda karena citra buruk.
Maka cobalah untuk membuat database konsumen Anda, lalu masukkan
data-data penting dan kemajuan yang sudah dicapai. Anda bisa hubungi mereka
secara berkala dan dengarkan apa yang menjadi kebutuhannya. Selain itu, jangan
lupa untuk menginformasikan pelanggan tentan promo produk yang sedang berjalan
lalu berilah dukungan yang terbaik.
No comments:
Post a Comment