Tuesday 3 September 2019

MENYELEKSI STRATEGI PEMASARAN I MATERI 8 PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS 12


Apa itu strategi pemasaran? Pengertian strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.

Pengertian strategi pemasaran juga dapat diartikan sebagai rangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu, karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut.

Strategi Pemasaran punya peranan penting dalam sebuah perusahaan atau bisnis karena berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi perusahaan, baik itu harga barang maupun jasa. Ada tiga faktor penentu nilai harga barang dan jasa, yaitu:

Produksi
Pemasaran
Konsumsi
Dalam hal ini, pemasaran menjadi bagian yang menghubungkan antara kegiatan produksi dan konsumsi.


Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
Beberapa ahli pernah menjelaskan tentang definisi strategi marketing, diantaranya adalah:

1. Kotler dan Amstrong
Menurut Kotler dan Amstrong (2008), pengertian strategi pemasaran adalah logika pemasaran dimana unit bisnis berharap untuk menciptakan nilai dan memperoleh keuntungan dari hubungannya dengan konsumen.

2. Kurtz
Menurut Kurtz (2008), pengertian strategi pemasaran adalah keseluruhan program perusahaan dalam menentukan target pasar dan memuaskan konsumen dengan membangun kombinasi elemen dari marketing mix; produk, distribusi, promosi, dan harga.

3. Philip Kotler
Menurut Philip Kotler, pengertian strategi pemasaran adalah suatu mindset pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran, dimana di dalamnya terdapat strategi rinci mengenai pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan budget untuk pemasaran.

4. Tjiptono
Menurut Tjiptono, pengertian strategi pemasaran adalah alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan daya saing yang berkesinambungan melewati pasar yang dimasuki, dan progam pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar target tersebut.

5. Stanton
Menurut Stanton, pengertian strategi pemasaran adalah sesuatu yang melingkupi semua sistem yang memiliki hubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga hingga mempromosikan dan menyalurkan produk (barang atau jasa) yang dapat memuaskan konsumen.


Fungsi Strategi Pemasaran
Fungsi Strategi Pemasaran
Secara garis besar ada 4 fungsi strategi pemasaran, diantaranya:

1. Meningkatkan Motivasi untuk Melihat Masa Depan
Strategi pemasaran berupaya untuk memotivasi manajemen perusahaan agar berpikir dan melihat masa depan dengan cara yang berbeda. Hal ini sangat diperlukan untuk menjaga kelangsungan perusahaan di masa mendatang.
Penting bagi perusahaan untuk mengikuti ritme pasar, namun terkadang perusahaan juga harus memiliki gebrakan dengan sesuatu yang baru.

2. Koordinasi Pemasaran yang Lebih Efektif
Setiap perusahaan pasti memiliki strategi pemasarannya sendiri. Strategi pemasaran ini berfungsi untuk mengatur arah jalannya perusahaan sehingga membentuk tim koordinasi yang lebih efektif dan tepat sasaran.

3. Merumuskan Tujuan Perusahaan
Para pelaku usaha tentunya ingin melihat dengan jelas apa tujuan perusahaan mereka. Dengan adanya strategi pemasaran maka pelaku usaha akan terbantu untuk membuat detail tujuan yang akan dicapai, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

4. Pengawasan Kegiatan Pemasaran
Dengan adanya strategi pemasaran maka perusahaan akan memiliki standar prestasi kerja para anggotanya. Dengan begitu, pengawasan kegiatan para anggota akan lebih mudah dipantau untuk mendapatkan mutu dan kualitas kerja yang efektif.

Konsep Strategi Pemasaran
Pada strategi pemasaran produk atau jasa memiliki konsep khsusu sehingga ketika menjalankannya lebih terarah. Apa saja, berikut ulasannya:
§  Segmentasi Market
Sebagai pelaku bisnis, maka Anda harus melakukan klasifikasi market terlebih dahulu, karena setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda. Klasifikasi yang bersifat heterogen ini menjadi satu-satuan pasar yang bersifat homogen.
§  Positioning Market
Agar Anda bisa semakin tepat dalam mendapatkan konsumen sesuai dengan usaha bisnis Anda, maka sebaiknya tentukan pola yang spesifik. Pola ini dibuat agar mendapatkan posisi kuat dalam market yakni segmen yang bisa menguntungkan bisnis Anda. Hal ini karena tidak ada perusahaan yang bisa menguasai keseluruhan pasar.
§  Market Entry Strategy
Strategi pemasan ini adalah strategi agar perusahaan bisa masuk pada segmen pasar tertentu. Berikut cara yang bisa dilakukan:
§  Membeli Perusahaan Lain
§  Internal Development
§  Kerjasama Dengan Perusahaan Lain
§  Marketing Mix Strategy
Marketing mix merupakan kumpulan dari banyak variable yang digunakan perusahaan untuk dapat mempengaruhi tanggapan konsumen. Berikut variable pada marketing mix:
§  Product
§  Price
§  Place
§  Promotion
§  Participant
§  Process
§  People Physical Evidence
§  Timing Strategy
Strategi pemasaran produk lainnya adalah dengan pemilihan waktu yang tepat. Anda perlu melakukan beberapa persiapan di bidang produksi dan menentukan waktu yang tepat untuk mendistribusiakan produk ke pasar.
Trik Strategi Pemasaran Produk / Jasa
Berikut adalah 5 strategi pemasaran produk atau jasa untuk meningkatkan penjualan:
§  Kenali Konsumen Anda
Konsumen atau pembeli adalah raja, istilah ini benar adanya, karena raja sangat senang dilayani dan dibuat bahagia atas apa yang ia alami dan dapatkan. Maka dari itu, sebaiknya Anda “mengenali” target market Anda dalam hal ini konsumen sehingga Anda tahu apa yang menjadi keinginannya. Coba lihatlah tingkah laku mereka, kebiasaan mereka, sehingga Anda bisa tahu bagaimanan harus melayani mereka dan menghasilkan pelayanan yang lebih nyaman satu sama lain. Sebagai pelaku bisnis, Anda harus bisa membaca profil para konsumen Anda dengan tepat, maka bukan tidak mungkin konsumen akan loyal terhadap Anda.
§  Pilih Lokasi yang Strategis
Pemilihan lokasi yang tepat juga penting dalam strategi pemasaran produk atau jasa. Misalnya, seperti toko roti Holland Bakery yang memilih membuka toko di pinggir jalan keramaian dibandingkan didalam mall pasti ini adalah strategi marketing mereka dalam membidik pelanggan potensialnya. Maka, dari itu, cobalah pertimbangkan lokasi yang tepat untuk mendapatkan konsumen atau pelanggan Anda sesuai dengan target penjualannya.
§  Gunakan Internet Marketing
Strategi pemasaran produk lainnya yang tak kalah penting adalah internet marketing. Anda bisa menampilkan produk atau jasa melalui situs jejeraing sosial, seperti faceboo, instagram, dll. Dengan trik ini maka Anda bisa mengetahui apa selera konsumen dan apa yang mereka inginkan. Semakin hari aktivitas jual beli lewat toko online semakin banyak dilakukan orang. Hal ini juga didasari keinginan banyak orang yang lebih nyaman untuk berbelanja di ruang private mereka dan tidak berada di keramaian market.
Internet adalah fasilitas terbaik masa kini bagi Anda yang ingin mengembangkan strategi pemasaran. Tak hanya jejaring sosial, Anda juga bisa memanfaatkan website, blog, dll dengan memasang foto-foto atas produk atau bisnis Anda dengan penyajian yang menarik untuk konsumen. Dengan internet marketing juga, Anda bisa berinteraksi dengan konsumen secara langsung tanpa adanya batas ruang dan waktu dengan rasa nyaman.
§  Lakukan Promosi
Dalam tujuana pengenalan produk, maka Anda bisa mulai berpartisipasi di event-event pameran yang sesuai dengan jenis usaha bisnis Anda. Promosi ini terbukti bisa meningkatkan kepercayaan pada konsumen atas eksistensi perusahaan Anda.
Lakukan strategi promosi ini secara rutin dengan cara-cara yang kreatif sehingga konsumen lebih tertarik dan tidak merasa bisan. Contohnya, setiap berpergian, Anda bisa bagian brosur, leaflet atau pamphlet. Pada selebaran promosi tersebut berisi informasi menarik bagi konsumen atas bisnis atau produk Anda.
Selain itu, Anda bisa membuat promosi dengan metode word of mouth alias dari mulut ke mulut. Kekuatan promosi ini mampu menyebar dan menjaring banyak pelanggang hingga berkali-kali lipat. Maka, siapakan diri Anda untuk membuat konsumen lebih nyaman berbelanja pada Anda. Pastikan konsumen puas sehingga mereka bisa memberikan citra baik pada produk atau bisnis Anda. Dengan promosi juga konsumen akan tahu wujud Anda sesungguhnya walaupun bisnis Anda masih kecil dan baru.
§  Jalin Hubungan dengan Konsumen
Di era canggih seperti ini, konsumen tak hanya berhubungan antar penjual dan pembeli namun juga pembeli dan pembeli. Konsumen bisa dengan mudah mengungkapkan kekecewaan mereka lewat sosial media, blog atau sebuah komunitas atas apa yang mereka alami saat berbelanja. Bukan tidak mungkin, kekecewaan ini bisa dengan mudah tersebar ke khalayak ramai. Hal ini bisa sangat merugikan perusahaan dan bisnis Anda karena citra buruk.
Maka cobalah untuk membuat database konsumen Anda, lalu masukkan data-data penting dan kemajuan yang sudah dicapai. Anda bisa hubungi mereka secara berkala dan dengarkan apa yang menjadi kebutuhannya. Selain itu, jangan lupa untuk menginformasikan pelanggan tentan promo produk yang sedang berjalan lalu berilah dukungan yang terbaik.


No comments:

Post a Comment