Friday, 26 April 2013

Promosi koperasi adalah arus informasi / persuasi 1arah yang dibuat untukmengarahkan seseorang / organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Tujuan promosi koperasi 1. modifikasi tingkah laku yaitu melakukan komunikasi untuk memperkuat tingkah laku yang ada penjual selalu berusaha menciptakan kesan baik tentang dirinya/mendorong pembelian barang dan jasa. 2. memberitahu yaitu kegiatan untuk memberi tahu pasar yang dituju tentang penawaran. Promosi ini biasanya dilaksanakan pada tahap awal siklus kehidupan koperasi. 3. membujuk yaitu promosi diarahkan untuk mendorong terjadinya permintaan dengan menciptakan kesan positif agar tepat memberi pengaruh dalam waktu yang cukup lama. Promosi ni biasanya dilaksanakan pada tahap pertumbuhan siklus kehidupan koperasi. 4. mengingatkan yaitu promosi dilakukan untuk mempertahankan merk dihati masyarakat. Promosi ini biasanya dilakukan selama tahap kedewasaan. Tujuan promosi 1. memberitahukan, kepada individu ini dilakukan untuk produk awal / baru 2. mengingatkan kembali, ini dilakukan produk lama 3. persuasif / membujuk 4. memodifikasi dalam promosi dibtuhkan komunikasi orang yang mempromosikan suatu produk harus mampu berkomunikasi dan mempunyai ilmu motivasi komunikasi merupakan proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan komunikasi dikatakan efektif jika kesan yang diberikn bermakna sama dengan pesan yang diterima oleh komunikan sehingga komunikasi dapat berhasil dan teapat serta berdaya guna. Motivasi Yaitu dorongan untukmelakukan komunikasi secara efektif jika orang tersebut memiliki / menguasai ilmu motivasi Motivasi secara intern : motivasi yang muncul dari dalam orang itu sendiri. Secra ekstern : motivasi yang muncul dari luar orang tersebut. Hukum-hukum komunikasi 1. respect yaitu sikap menghargai karena prinsip paling dalam pada sifat dasar manusia oleh kebutuhan untuk dihargai. Artinya membangun komunikasi dengan rasa yang dan sikap saling menghargai dan menghormati dapat membangun kerjasama yang menghasilkan sinergi yang akan meningkatkan efektifitas kinerja. 2. Empathy Yaitu kemampuan untuk menempatkan diri pada situasi / kondisi yang dihadapi orang lain. Syarat utama: kemampuan mendengarkan/mengerti terlebih dahulu sebelum didengarkan / dimengerti oleh orang lain. 3. Audible. Yaitu segala sesuatu yang dismpaikan dapat didengarkan / dimengerti dengan baik atau pesan yang disampaikan dengan cara / sikap yang dapat diterima oleh penerima pesan. 4. Clarity Yaitu kejelasan pesan atau keterbukaan dan transaparansi 5. Humble Sikap rendah hati atau sikap penuh melayani, meghargai mau mendengarkan, dikritik, pengendalian diri serta mengutamakan kepentingan yang lebih besar. Promosional Mix Yaitu kombinasi strategi yang paling baik dari variabel periklanan, personal selling dan alat promosi yang lain yang semuanya direncanakan untukmencapai tujuan program penjualan. Periklanan Yaitu presentasi dan promosi non pribadi tentang ide barang dan jasa yang dibayar oleh sponsor tertentu. Personal selling yaitu presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan satu calon pembeli atau lebih yang ditujukan untuk menciptakan penjualan. Metode komunikasi 1. metode impromtu yaitu komunikasi dilakukan secara spontan tanpa persiapan sama sekali hanya dipandang mampu ahli atau berpengalaman yang biasanya diminta untuk menyampaikan dengan metode ini. 2. metode menghafal yaitu metode yang dilakukan dengan menghafal teks atau naskah / narasi dan disampaikan paa saat terjadi komunikasi 3. metode naskah komunikasi dilakukan dengan membacakan naskah yang telah dipersiapkan sebelumnya biasanya dipergunakan untuk acara resmi 4. metode ekstemporan yaitu komunikasi dilakukan dengan membuat persiapan secara garis besar. Peranan koperasi 1. mempersatukan, mengarahkan, mengembangkan daya cipta, daya usaha dan daya kreasi rakyat 2. meningkatkan pendpatan dan menimbulkan pembagian yang adil dan merata 3. mempertingi derajat hdup dan kecerdasan bagus. 4. membina kelangsungan dan perkembangan demokrasi ekonomi. 5. menciptakan lapangan usaha baru. Koperasi harus dikelola secara efisien dan efektif maksudnya: 1. penghematan pengeluaran 2. perencanaan usaha 3. produktifitas / peningkatan hasil perkapita 4. usaha koperasi dengan gambaran jelas bagi kemudahan pemasaran dan kemantapan harga. 5. pelaksanaan selain sebagai badan usaha yang bertujuan untuk kesejahteraan angotanya (profit motiv) ETALASE/ PAJANGAN etalase adalah tempat barang dan jasa dipajangkan, kata lain:display / interior macam-macam etalase : open display : pajangan terbuka boleh diambil sewaktu-waktu yaitu barang yang dilihat secara terbuka. Close display: pajangan barang-barang tertutup (resiko tinggi) Etalase yang baik: 1. pengelompokan jenis barang 2. mudah dijangkau 3. tidak beresiko 4. menarik 5. menyesuaikan temapt dan kondisi tujuan untuk menarik pembeli potensial, meningkatkan omset, penjualan, meningkatkan laba usaha pembungkusan adalah suatu benda / barang untuk mengemas sebuah produk fungsi: menarik pembeli, melindungi, menjaga kualitas produk, membedakan kualitas produk, membedakan jenis merk/barang, praktis sasaran koperasi : masyarakat, anggota,pengurus, pengawas.

No comments:

Post a Comment