Saturday 6 April 2013

menghitung resiko menjalankan usaha

a. Analisis aspek resiko keuangan Untuk melakukan analisis keuangan perlu memperhatikan : a) Kebutuhan dana Berapa dana yang perlu diinvestasikan dalam sebuah usaha baru,termasuk untuk kepentingan pembiayaan awal,pembelian aktiva tetap dan modal kerja. b) Sumber dana Sumber dana untuk usaha bias diperoleh dari pribadi persekutuan,dari penjualan saham ataukah investor (pinjaman bank) c) Proyeksi neraca Aspek likuiditas dan solvabilitas perusahaan harus diperhitungkan untuk menjaga kontinuitas usaha Yang perlu diperhatikan dalam melakukan analisis keuangan adalah : a. Proyeksi laba/rugi Keuntungan dan kerugian perlu diperhitungkan dalam pembuatan sebuah usaha b. Proyeksi aliran kas Arus kas yang ideal (cash flow) perlu diperhitungkan dengan cermat agar perusahaan tidak mengalami kesulitan karena kas dana segar yang tersedia di perusahaan yang bias dimanfaatkan sewaktu-waktu Ketersediaan kas yang ideal akan mempengaruhi tingkat likuiditas dan kontinuitas perusahaan. b. Melakukan analisis aspek potensi pasar Analisis pasar adalah penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah pasar, yang menyangkut : a. Lokasi pasar b. Luas pasar c. Sifat pasar d. Karakteristik pasar Tujuan analisis pasar adalah : a. Mengenal lingkungan pasar b. Mengenal tipe-tipe pasar c. Mengetahui karakteristik pasar d. Menentukan keputusan yang tepat e. Menghadapi para pesaing f. Melaksanakan kebijakan dalam bidang pemasaran g. Membuat program dalam bidang pemasaran h. Mengenal ciri-ciri pasar  Tuntutan pasar pada dasamya, selalu berubah selaras dengan perkembangan dan pertumbuhan masyarakat, seperti : a. Adanya, keterpaduan dengan semua kegiatan perusahaan b. Ruang lingkup kaian pasar c. Unsur – unsur pasar : 1) Adanya, wilayah atau tempat 2) Pelaku ( subyek) yaitu penjual dan pembeli 3) Ada kegiatan-kegiatan yang menghubungkan antar subyek pasar 4) Adanya, objek ( barang atau jasa ) 5) Adanya faktor waktu c. Segmentasi pasar Segmentasi pasar dilakukan berdasarkan variable-variabel : a. Geografis b. Demografis c. Psikografis d. Jumlah pembeli dan pengguna Membuat Rencana Pemasaran Dengan mendapat informasi tentang pelanggan dan pesaing maka dapat disiapkan rencana pemasaran. Salah satu cara adalah mengikuti strategi pemasaran (marketing mix ).Marketing mix / bauran pemasaran adalah istilah untuk menyatakan kombinasi dari 4 ( empat ) unsur (4P) yang merupakan inti dari marketing sistem dari suatu perusahaan yang terdiri dari : a. Price ( Harga ) b. Product ( Produk ) c. Place ( Tempat ) d. Promotion ( promosi )  Ada 3 ( tiga, ) macam cara promosi yang dapat digunakan, yaitu : a. Iklan b. Diseminasi : promosi bebas melalui artikel c. Promosi penjualan : menggunakan peragaan yang menarik, demonstrasi, kompetisi, memberikan sampel atau menjual produk usaha, secara, gabungan. d. Melakukan analisis aspek produk Produk adalah seperangkat atribut baik yang berwujud maupun tidak berwujud, termsuk didalamnya maslah pembungkusan, warns, harga, nama baik perusahaan. ( pabrik ), nama baik pengecer, pelayanan perusahaan dan pelayanan pengecer yang diterima oleh pembeli guns memuaskan keinginannya. Faktor-faktor yang perlu dianalisis sehubungan dengan produk yang An dijual. meliputi kualitas produk merk, ukuran, bentuk / model, layanan dan kemasan. Atas dasar faktor – faktor tersebut produsen maupun penjual akan dapat menyediakan produk sesuai dengan permintaan konsumen. Atribut produk Atribut atau komponen merupakan unsur-unsur yang melekat dan menambah nilai dan faedah dari suatu produk. Komponen – komponen tersebut terdiri dari : a. Bungkus b. Merk c. Harga. d. Pelayanan e. Jaminan ( garansi ) e. Melakukan analisis aspek pelanggan Pelanggan internal adalah semua orang di dalam perusahaan mulai dari karyawan tingkat bawah sampai dewan direksi yang berkepentingan dengan kelancaran usaha berupa proses produksi barang atau pembentukan jasa yang ditujukan untuk menyediakan alai pemuas kebutuhan bagi pelanggan ekstrenal. Pelanggan eksternal adalah seluruh masyarakat konsumen yang membeutuhkan barang atau jasa, yaitu pars konsumen akhir, produsen yang membeli bahan baku dan barang modal, pedagang perantara yang membeli barang untuk dijual kembali ke konsumen akhir atau konsumen industri dan pedagang eceran dan instansi pemerintah  Pelayanan terhadap pelanggan sangat penting sebab kelangsungan usaha tergantung sangat tergantung dari loyalitas para pelanggan : a. pelayanan bagi pelanggan internal b. pelayanan bagi pelanggan ekstrenal f. Melakukan analisis aspek pesaing Saingan adalah orang-orang atau pengusaha yang mempunyai maksud dan kemauan yang tidak sejalan dengan maksud atau tujuan wirausahawan. Persaingan adalah sesuatu yang melekat pads kehidupan dunia usaha atau bisnis itu sendiri.  Manfaat dengan adanya para pesaing, antara lain : a. mendorong wirausaha untuk mencapai prestasi di dalam usahanya. b. tenaga penjualan dan pemasaran akan dihargai da dihormati b. wirausaha akan memperbaiki kualitas produknya, kuntitas produknya, desain atau model produknya, manfaat produknya dan sebagainya c. mendorong wirausaha untuk meningkatkan dan mengembangkan usahanya. d. akan meningkatkan ker a wirausaha secara prestatif.  Kiat mengatasi persaingan usaha : a. meningkatkan faktor – faktor usaha usaha b. akan meningkatkan ker a wirausaha secara prestatif g. Melakukan analisis aspek produksi Hal – hal yang harus dianalisis kaitannya dengan aspek produksi sebagi berikut : a. Lokasi operasi,lokasi perusahaan harus dipilih yang strategic sesuai karakteritik produk yang dihasilkan b. Volume produksi, produktivitas perusahaan harus sesuai dengan potensi pasar agar tidak ter adi penumpukan produk sehingga ter adi pemborosan. c. Mesin dan peralatan, mesin dan peralatan yang dipakai sebaiknya menyesuaikan kebutuhan keuangan, teknologi dan pangsa pasar. d. Bahan baku dan bahan penolong, persediaan akan bahan baku dan bahan penolong harus disesuaikan kebutuhan secara efisien. e. Tenaga kerja, jumlah dan kualifikasi tenaga kerja harus sesuai dengan kebutuhan dengan memperhatikan tugas dan tanggung jawab. Layout, tata letak perusahaan serta tata ruang usah dibuat seefisien mungkin

No comments:

Post a Comment